Kamis, 24 April 2008

WEB 3.0

WEB 3.0
Belum selesai kita belajar WEB 2.0 eh…,kini dunia WWW dihadapkan pada suatu gagasan besar untuk mengubah layanan mereka. Sebagaian ahli percaya, perkembangan Semantic Web akan menghasilkan kecerdasan buatan baru di dunia maya. Sebagaian lagi menekankan perkembangan aplikasi berbasis web dan computer grafis sebagai kunci evolusi WWW, yang dikenal dengan jargon Web 3.0
Banyak ahli yang percaya bahwa kelak web browser Web 3.0 pun akan semakin pintar, dan dapat bertindak sebagai asisten pribadi. Ketika kita mengakses suatu di WWW, web browser akan mempelajari ketertarikan kita. Semakin kita sering mengakses WWW, semakin banyak informasi yang dikumpulkan web browser tentang apa yang kita sukai dan tidak sukai, dan merangkainya dalam sebuah database.

Dari Web 2.0 Menuju 3.0

Pada mulanya, WWW merupakan sebuah papan pengumuman di dunia maya yang hanya dapat dibaca (read-only) oleh para pengguna Internet. Pengembangan konten sepenuhnya berada di tangan organisasi yang berada di belakang sebuah website. Pada masa ini, WWW masih berada pada era Web 1.0.
Web 2.0 hadir sebgai pemecah kebekuan read-only menjadi read-write di WWW. Pada era ini pengguna dilibatkan secara aktif dalam membuat konten. Website-website yang selama berada di era Web 1.0 hanya menampilkan berita, pada era ini telah menambahkan fitur komentar agar pengunjungnya dapat meninggalkan pesan atau opini mereka. Selain itu kehadiran web site social networking (friendster, Facebook, dll) dan video sharing (YouTube, Layartancap.com,dll) menambah semarak web 2.0
Bila Web 1.0 bersifat read-only, dan Web 2.0 bersifat read-write, maka Web 3.0 paling tidak harus bersifat read-write-execute. Web 3.0 akan mengizinkan pengguna Internet untuk memodifikasi tampilan bahkan resource website yang akan dikunjunginya. Baila pada pengguna Web 2.0, pengguna hanya dapat berpartisipasi pada pengembangan konten, pada Web 3.0 pengguna dapat menjalankan resource miliknya sendiri di WWW.
WWW bukan hanya menyediakan aplikasi untuk dijalankan, melainkan platform untuk menjalankan aplikasi dari penggunanya. Sebagai ilustrasi tau permisalan Web 3.0 akan berperan seperti operating system multiuser. Siapapun dapat menginstal dan menjalankan aplikasi yang berbeda pada Web 3.0. Tentu saja, selain menyediakan platform untuk menginstal dan menjalankan aplikasi, Web 3.0 juga tetap menyediakan konten yang lebih canggih dari pada era-era sebelumnya.


Taken from:
Pc Mild edisi 08/2008/ 21 April - 04 Mei 2008, hal 3, how it works
Informasi Lebih Lanjut:
-http://en.wikipedia.org/wiki/Web_3.0
-http://computer.howstuffworks.com/web-30.htm

Tidak ada komentar: